Bikin Jaket Kulit Tak Perlu Lagi Bantai Hewan

Tidak ada komentar




Teknologi ini bisa menumbuhkan kulit hewan, bahkan daging.

VIVAnews - Dalam waktu dekat, produsen fashioan akan menghilangkan ketergantungannya pada kulit hewan. Sebuah perusahaan berhasil menemukan teknologi penumbuh kulit hewan.


Perusahaan tersebut bernama Modern Meadow (MM) yang berlokasi di Brooklyn, Amerika. MM mengklaim telah berhasil menggunakan teknik penumbuhan kulit untuk bahan dasar baju atau jaket. Malah ke depannya, mereka sesumbar bisa menciptakan daging dengan menggunakan sistem yang sama.

Sistem dan teknik yang dimiliki MM ini diprediksi akan menghilangkan ketergantungan bisnis pakaian atau tekstil terhadap hewan. Selain itu, para pemilik restoran juga tidak harus membantai hewan untuk menyajikan makanan daging. Mereka hanya butuh asupan tanah, air, energi dan kimiawi dalam kapasitas yang rendah.

Dilansir melalui Daily Mail, Senin 30 Juni 2014, Modern Meadow telah menemukan sebuah teknik mesin jaringan yang berbasis bioprinting. Jaringan yang dibentuk dalam format tiga dimensi ini dibuat dengan menggunakan proses kendali komputer.

"Industri ternak merupakan konsumen terbesar dalam penggunaan tanah dan air. Bahkan, mereka dianggap sebagai pemicu perubahan iklim terbesar. Tidak salah jika saat ini kami mencoba mencari alternatif yang lebih baik," ujar CEO dan Founder Modern Meadow, Andras Forgacs.

Tujuan mereka, lanjut Forgacs, adalah menciptakan materi kulit yang baru untuk kepentingan desain tanpa harus mengorbankan kesejahteraan hewan.

"Dalam waktu dekat, kami juga akan menciptakan produk berupa daging yang lebih sehat, aman, dan tidak membutuhkan pengorbanan hewan atau perusakan lingkungan," katanya.

Perusahaan ini baru saja mendapatkan pendanaan dari miliuner pendiri PayPal, Peter Thiel. Bersama dengan orang paling kaya se-Asia, yang juga pemilik Horizon Ventures, Li Ka Shing, mereka menggelontorkan US$10 miliar.

Berbasis di Hong Kong, HV merupakan investor dari beberapa perusahaan digital raksasa, seperti Facebook, Waze, Skype, Spotify, Siri, dan Hampton Creek.

Suntikan dana yang didapat akan digunakan oleh MM untuk mengakselerasi bidang riset dan pengembangan produk. Mereka juga akan membuka kantor riset di Brooklyn Army Terminal di kota New York. (asp)




Tidak ada komentar :

Posting Komentar